Prodi Sistem Informasi | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah Mandiri
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Blog | Kontak | Siap Kerja | Sertifikat | PrivacyPolicy | Inggris Arab | Daftar Isi

Sunday, March 25, 2012

Model Konseptual Web Interaktif

Bab 2 Memahami dan Konseptualisasi Interaksi
Model Konseptual
“Hal yang sangat penting untuk desain adalah model konseptual user. Segala sesuatu yang lainnya disubordinasikan untuk menjadikan model jelas, nyata, dan substansial. Itu adalah sangat dibutuhkan untuk kebanyakan perangkat lunak yang didesain.” (David Liddle, 1996, p. 17).
Model konseptual berarti: Sebuah deskripsi sistem yang diusulkan dengan mengintegrasikan ide-ide dan konsep-konsep tentang apa yang harus dilakukan, dijalankan dan diserupai, yang dapat dipahami oleh user dalam cara yang diinginkan.
Model Konseptual Berbasis Aktivitas
Jenis aktivitas sangat umum yang user kemungkinan besar dilibatkan ketika berinteraksi dengan sistem adalah:
1.      Instruksi (instructing): mendeskripsikan bagaimana user menyelesaikan tugas-tugas melalui instruksi sistem apa yang akan dilakukan. Contoh, sistem untuk melanjalankan operasi seperti memberitahu waktu, mencetak file, dan mengingatkan user tentang appointment.
2.      Berbicara (conversing): model konseptual ini berbasis ide pembicaraan orang denga sistem, di mana sistem bertindakan sebagai dialog partner. Sistem didesain untuk merespon dengan cara manusia ketika memiliki percakapan dengan yang lainnya.
3.      Manipulasi dan navigasi (manipulating and navigating)
Model konseptual ini mendeskripsikan aktivitas manipulasi objek dan navigasi melalui virtual space dengan mengeksploitasi pengetahuan user tentang bagaimana melakukan ini di dunia fisik. Contoh, objek virtual dapat dimanipulasi dengan menggerakkan, memilih, membuka, menutup, dan memperbesar dan memperkecilnya.
4.      Eksplorasi dan Pencarian (exploreing and browsing): memungkin manusia mengeksplorasi dan mencari informasi, memanfaatkan pengetahuannya tentang bagaimana mereka melakukan ini dengan media yang ada (contoh, buku, majalah, TV, radio, perpustakaan, pamflet, brosur).


Sumber: 2002. Gaynor, Editor. Interaction Design Beyond Human-Computer Interaction. USA: John Wiley & Sons, Inc. (66-100)
"Boleh Konsultasi Masuk Jurusan Sistem Informasi via IG atau Tiktok."
Tips Skripsi Program Studi Sistem Informasi

No comments:

Post a Comment