Prodi Sistem Informasi | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah Mandiri
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Blog | Kontak | Siap Kerja | Sertifikat | PrivacyPolicy | Inggris Arab | Daftar Isi

Saturday, January 4, 2014

Aplikasi Anthropomorphism untuk Desain Interaktif

Debat: aplikasi anthropomorphism untuk desain interaktif
Penggunaan antropomorfisme (anthropomorphism) dalam desain interaktif merupakan sebuah teknik yang efektif dan harus dikaji lebih jauh.
Apa yang dimaksud dengan antropomorfisme? Sangat dikenal bahwa manusia siap menghubungkan (mengatributkan) kualitas manusia dengan binatang kesayangannya dan mobilnya, serta, sebaliknya, ingin menerima atribut-atribut manusia yang telah diperankan melalui karakter kartun, robot, mainan, dan objek-objek mati lain.
Antropomorfisme juga tejah digunakan dalam perkembangan mainan menyenangkan yang menggunakan sistem komputer. Produk-produk komersial seperti ActiMatesTM telah didesain untuk mencoba mendorong anak-anak belajar melalui bermain dengan mainan yang menyenangkan. Contoh, Barney berusaha untuk memotivasi bermain anak-anak dengan menggunakan pembicaraan dan gerakan berbasis manuai (Strommen, 1998). Mainan itu diprogram untuk bereaksi terhadap anak dan membuat komentar ketika menonton TV bersama-sama atau bekerja bersama pada tugas berbasis komputer. Lebih khusus, Barney diprogram untuk mengucapkan selamat kepada anak kapanpun ia menjawab dengan benar dan juga bereaksi terhadap konten pada layar dengan emosi yang benar (contoh: bersorak pada berita yang bagus dan mengekspresikan keprihatianan pada berita buruk).
Sumber: 2002. Gaynor, Editor. Interaction Design Beyond Human-Computer Interaction. USA: John Wiley & Sons, Inc. (hal. 154)


[Arsip 26/3/2012]
"Boleh Konsultasi Masuk Jurusan Sistem Informasi via IG atau Tiktok."
Tips Skripsi Program Studi Sistem Informasi

No comments:

Post a Comment