Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Monday, February 17, 2014

Apa Materi Keterampilan Komputer untuk Persiapan Melamar Kerja?

Meskipun orang-orang awam seringkali menganggap orang yang mempelajari komputer itu tampaknya harus serba bisa. Ujian di sekolah harus bagus; memperbaiki komputer harus mampu; menjual alat-alat komputer harus bisa. Akan tetapi, harus disadari bahwa tidak mungkin semua materi komputer bisa dikuasai oleh satu orang.


Dulu, beberapa kali saya diminta orang yang mau melamar kerja untuk mengajarkan beberapa keterampilan komputer. Begini katanya: “Mas, saya mau melamar kerja. Tolong ajarin Komputer dong, tapi belajarnya hanya bisa sehari atau dua hari!”

Saya berbicara dalam hati: “Bagaimana caranya, saya saja belajar Microsoft Word satu semester, Excel juga satu semester?” Kedua aplikasi ini kan yang lebih banyak dibutuhkan untuk pencari kerja, khususnya untuk bagian administrasi.

Akhirnya, saya putar otak (bukan putar kepala ya…) membuat materi-materi sederhana tentang Microsoft Word dan Excel dengan targetnya sebagai berikut:

1.      Microsoft Word: Bisa membuat surat sampai print, membuat tabel sederhana.
2.      Microsoft Excel: Membuat tabel-tabel sederhana, tapi tidak diajarkan rumus-rumus.

Nah, itu target materi yang saya berikan. Kalau orangnya cerdas, biasanya materi di atas cukup dikuasai dalam seharian. Kalau tampak masih segar, saya kasih materi tambahan.

Untuk calon pelamar yang memiliki waktu agak banyak, misal seminggu, saya targetnya: Dia harus memahami modul yang saya buat. Jadi, belajar dengan saya bukan untuk menguasai materi komputer, tapi harus bisa mempraktekkan modul dari saya.

Untuk panduan setelah satu minggu, biasanya komunikasi via HP dibangun. Meskipun saya sering kerepotan karena harus kerja, tapi ya itu demi kenyamanan dan ketertiban serta keberhasilan calon pelamar kerja.

Baru-baru ini ada mahasiswa yang mau belajar komputer, tapi ia bukan jurusan komputer. Awal-awal dia bilang ingin belajar banyak tentang komputer. Ketika maju ke rumus Excel tampak semangatnya mulai memudar. Dengan demikian, Word, Excel dan Power Point sudah cukup. Kalau dia mau, sedikit materi Internet ditambahkan, terutama untuk browsing di Om Google dan kirim/terima e-mail.


Bagaimana pendapat teman-teman?
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment