Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Thursday, February 20, 2014

Argumen Para Filusuf dalam Kajian Filsafat



Kita telah melihat bahwa Filsafat berawal dari Asia Kecil sekitar 600 S.M. bersama Thales dari Melitus. Tapi pernahkah anda heran? Kenapa orang-orang ini mengembangkan ‘filsafat’ di tempat pertamanya? Ada beberapa alasan yang berbeda.


Pertama, filsafat yang berawal di Yunani adalah bahwa para filusuf suka berargumen tentang segala sesuatu, terutama politik. Para filusuf Yunani terkenal dengan argumennya.

Mereka banyak sekali menentang hukum dan peradilan, juga tentang pemerintahan. Mereka menggunaka skill, seperti logika dan akal, untuk argumen-argumennya.

Bahkan mereka berargumen mengenai bagaimana alam bekerja. Mereka menggunakan skill logika dan akal untuk argumennya tentang alam dan sebagai sebuah hasil permulaan ‘pemikiran ilmiah’ (scientific thinking).

Sebuah argumen bukan hanya sebuah perkelahian. Faktanya, kata “argue” berasal dari kata Latin ‘arguere’ yang berarti “to make clear or prove” (menjelaskan atau membuktikan). Jadi, argumen adalah sebuah diskusi di mana masing-masing orang mencoba membuktikan bahwa mereka benar tentang sesuatu.

Banyak orang, termasuk para ilmuwan dan filusuf, tidak nyaman dengan argumen. Mereka melihat dunia dalam satu cara dan mereka menuntut setiap orang melihat dunia ini dengan cara yang sama dan seringkali mengecilkan argumen dan debat.

Akan tetapi, argumen dan debat itu sehat untuk sains dan filsafat. Sains dan cara-cara berpikir dan menginterpretasikan sains, harus terus ditantang sejak banyak penemuan ilmiah baru berasal dari kesimpulan-kesimpulan ilmiah sebelumnya yang menantang juga.


Sumber:
Introduction to Philosophy. Hlm. 1-30, file: kog-phil-chem-1a-sample.pdf
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment