Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Wednesday, February 26, 2014

Cara Mendatangkan Ribuan Pengunjung 2000 Pageviews per Hari

Hanya sedikit berbagi pengalaman sebagai blogger pemula yang belum memahami SEO untuk menjadikan blognya yang ramai pengunjung. Akan tetapi, 2000 pageview per hari merupakan hasil yang menggembirakan buat saya untuk terus belajar blogging agar lebih berkualitas lagi.


Awalnya, saya agak pesimis akan bertahan lama dalam blogging karena kurang suka menulis isu-isu trendi yang dicari-cari banyak orang. Namun ketika memperhatikan blogku yang sudah tidak terurus lagi Wordpress gratisan, saya jadi menduga bahwa “Saya juga bisa ngeblog, walaupun tidak sehebat orang lain.”

Satu pelajaran yang diambil dari Wordpres lamaku adalah sudah berbulan-bulan tidak update, bahkan ketika masih di update juga jarang sekali mempublikasikan artikel tiap hari, tapi statistiknya terus naik walaupun tidak signifikan.

Yang jelas, sekitar 6 bulan saya ngurus blog ini untuk update minimal 1 artikel tiap hari, statistiknya masih di bawah Wordpress lamaku tadi. Ada apa nih?

Saya cek beberapa hal di Wordress-ku. Ada dugaan bahwa blog tersebut memiliki pengunjung yang setia karena isinya lebih bermanfaat dibandingkan blog ini. Dulu, saya menulis tentang dunia keilmuan, jarang sekali menulis bercanda ria, curhat, hal-hal yang lebay.

Sementara di blog ini, cukup banyak artikel-artikel curhatku seiring perjalanan ngeblog. Padahal blog ini memiliki tutorial pemrograman yang seharusnya bisa menambah jumlah pengunjung.

Sekitar sebulan saya memutuskan untuk update artikel ilmiah, seperti referensi komputer, pendidikan, filsafat, dan lain-lain. Pageview pun mulai mengalami kenaikan yang menggembirakan.

Dari seribu, lompat ke 1.300 dan 1.500 pageviews per hari. Dari 1.500, lompat lagi ke lebih 2.000 pageviews per hari.

Mungkin kalau menerapkan teknik-teknik SEO, total pageviews tersebut bisa lebih besar. Tapi saya masih ingin fokus ke pembuatan artikel yang semulanya minimal 1 artikel per hari sehingga mendatangkan lebih dari 2000 pageview per hari. Sekarang harus bisa minimal 5 artikel per hari.

Jumlah 5 artikel di atas bermula dari dugaan sederhana saya: “Kalau update 1 artikel per hari dapat mendatangkan 500 pageviews per hari, berarti kalau update 5 artikel per hari bisa 2.500 pageviews per hari dong.”

Lamunan saya berlanjut: “Kalau update 10 artikel per hari, maka kemungkinan akan memperoleh 5.000 pageview per hari doooong.”


Entahlah, pengandaian di atas hanya harapan kosong saja. Tapi mau dicoba ah…siapa tahu berhasil. He..he..
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

7 comments:

  1. wah.., hebat ya mas udah tempus 2.000 pageview
    pengunjung saya 400-500 perhari
    dan 2.000 pageview perhari, tapi updatenya udah hampir 14 bulan.
    mas, hebat baru 6 bulan sudah sampai 2.000.
    wow.., gimana kalau 14 bulan mas, bisa nyampai tu mas 5.000 pageview. "-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, blog ini juga sudah lahir 18 bulan yg lalu. Tapi karena terlambat fokus, ngurus blog lain, jadi begini deh hasilnya.

      Banyak artikel yang dipindahkan dari blog lain dalam jumlah lebih dari 20 artikel per hari dengan jadwal posting mundur. Alhamdulillah Google tidak marah, mungkin karena saya tidak tahu. Mas....

      Delete
  2. wah selamat ya mas sudah mencapai 2000 pageview per hari. Harus belajar banyak nih mas mas komarudin soalnya blog saya sulit banget traffic nya untuk naik hmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru saya suka belajar ke blog Mbak Ririn (dicintai.com dan cara-ririn.com), sedikit-sedikit saya praktekkan.

      Bahkan saya suka mempraktekkan komentar-komentar Mbak lho

      Terimakasih Mastah :)

      Delete
  3. mantaf kang Komar,,,blog sy baru dapat tembus 2500,,,namun bukan karena hebat,,tp krn tuanya,,xixixi blog ini alfiforever.com ini sy buat sktr thn 2008,dan aktif nulis lg ,,juni 2013-sekarang...selamat ...

    ReplyDelete