Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Friday, February 21, 2014

Isu-Isu Strategis dalam Kajian Analisis Sistem Informasi Menurut Satzinger



Berikut ini dua arah strategi kunci:
·         Supply chain management (SCM)
SCM adalah proses yang secara ramping mengintegrasikan perkembangan produk, akuisisi produk, manufacturing, dan manajemen inventori.


·         Customer relationship management (CRM)
CRS adalah proses-proses yang mendukung pemasaran, penjualan, dan operasi pelayanan yang melibatkan interaksi pelanggan langsung dan tidak langsung.

Perencanaan strategis sistem informasi mencakup perencanaan arsitektur aplikasi, merinci proyek pengembangan sistem informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk penyelesaian, dan perencanaan arsitektur teknologi, perincian infrastruktur teknologi yang dibutuhkan untuk mendukung sistem.

--------------
Penting:
Kebanyakan eksekutif bisnis memahami bahwa sistem informasi adalah sangat strategis, dan mereka biasanya memiliki ide-ide dan wawasan istimewa.
--------------


Fitur-fitur utama perencanaan mencakup:
Perencanaan arsitektur teknologi
1.      Mendistribusikan aplikasi bisnis ke berbagai lokasi dan sistem komputer, memesan mainframe untuk Web server, basis data, dan fungsi-fungsi telekomunikasi agar memungkinkan peningkatan kapasitas yang inkremental dan cepat.

2.      Bergerak untuk menjalankan proses bisnis strategis via Internet, pertama mendukung supply chain management (SCM), kemudian mendukung pemesanan baru pelanggan langsung pada website dinamis, dan terakhir mendukung fungsi-fungsi CRM tambahan yang menghubungkan sistem internal dan basis data.


Perencanaan arsitektur aplikasi
1.      SCM: Mengimplementasikan sistem yang secara ramping mengintegrasikan perkembangan produk, akuisisi produk, manufacturing, dan manajemen inventori dalam mengantisipasi perkembangan penjualan yang cepat.

2.      Customer Support System (CSS): Mengimplementasikan pemrosesan order dan sistem pemenuhan pemintaan barang yang secara ramping berintegrasi dengan sistem SCM untuk mendukung tiga kebutuhan pemrosesan order: mail order, phone order, dan akses langsung pelanggan via Web.

3.      Strategic information management system (SIMS): Mengimplementasikan sistem informasi yang dapat mengekstrak dan menganalisis supply chain dan customer support information untuk pembuatan keputusan dan kontrol operasional dan strategis.

4.      Retail store system (RSS): Menggantikan sistem penyimpanan retail yang ada dengan sistem yang dapat berintegrasi dengan customer support system.

5.      Accounting/keuangan: Membeli solusi paket, memastikan aplikasi intranet, untuk memaksimalkan karyawan mengakses data keuangan untuk perencanaan dan kontrol.

6.      Sumber daya manusia (SDM): Membeli solusi paket, memastikan aplikasi intranet, untuk memaksimalkan karyawan  mengakses formulir, prosedur, dan informasi yang bermanfaat dari bagian SDM.



Sumber:
Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2007. System Analysis and Design in Changing a World, 4th. Canada: Thomson. Hlm. 19-24.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment