Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Tuesday, February 18, 2014

Isu Plagiarisme Membuat Dosen UGM Mengundurkan Diri

Saya terperanjat membaca bahwa Anggito Abi Manyu yang terkenal cerdas dalam urusan ekonomi ini sedang bermasalah terkait isu artikel plagiat yang beliau kirimkan ke salah satu surat kabar nasional.


Setelah artikelnya diterbitkan di Kompas, salah seorang mencurigainya bahwa artikel tersebut plagiat karena sudah ada artikel yang nyaris sama telah dipublikasikan sebelumnya. Negeri Kompasiana pun ikut ramai membahas kasus ini. Komentar-komentar miringpun tak dapat terelakan.

Pak Anggito sendiri sudah menyatakan permintaan maaf, tapi beliau membantah telah melakukan plagiarisme. Walaupun demikian, beliau menganggap kesalahan tersebut fatal, dan mungkin ini juga yang membuatnya ingin mengundurkan diri sebagai dosen UGM.

Beliau juga menambahkan bahwa kesalahannya karena salah kirim file. Komentar di Kompasana berkata kira-kira begini: “Kok, bisa tertukar file atau jangan-jangan dibuat oleh ghost writer?”

Sebenarnya saya juga tidak mau masuk terlalu dalam terkait kasus ini. Hanya ada sedikit pendapat ringan bahwa:
Seandainya, plagiarisme tersebut dilakukan oleh Pak Abdi Manyu, ini menjadi pelajar besar bagi dunia kampus. Orang sehebat beliau sudah terlibat plagiat, bagaimana akademisi ecek-ecek?

Meskipun saya berusaha keras untuk tidak melakukan plagiarisme sejauh keilmuan yang saya miliki, tapi tetap saya juga belum bisa menjamin bahwa tulisan saya, termasuk di blog ini terbebas dari plagiat, meskipun sering mencantumkan sumbernya dengan cukup lengkap.


Dengan tidak ada jaminan saya bebas dari plagiat, sehingga saya juga tidak ingin ikut-ikutan mencemooh Pak Abi. Kadang-kadang saya terpikir negatif ke orang-orang yang berkomentar sangat negate: “Jangan-jangan mereka belum pernah membuat tulisan?” hmmmm
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment