Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Saturday, February 15, 2014

Jangan Mimpi, Blog Ramai Tanpa Membaca

Mungkin judul di atas pantas diucapkan oleh para blogger sukses. Memang yang terasa langsung untuk aktivitas blogging itu adalah menulis. Akan tetapi, menulis terus tanpa rajin membaca bisa membuat kualitas artikel blog kita terlupakan.


Untuk yang rajin menulis, membuat artikel tiap hari tidaklah sulit. Apapun yang terlihat, terdengar, dan terasa bisa jadi sebuah artikel. Namun apabila kita jarang membaca, maka tetap saja artikel kita akan hambar.

Saya sendiri mengalami hal di atas. Meskipun baru membuat target “rajin menulis”, tapi kadang-kadang saya membandingkan artikel yang dibuat dengan referensi bacaan yang cukup dengan artikel yang ditulis hanya memenuhi komitmen update tiap hari. Hasilnya sangat berbeda.

Ada juga artikel yang dibuat tidak terlalu serius. Namun ketika dibaca setelah beberapa bulan kemudian, ia menunjukkan kualitas yang tak terduga, misal gaya bahasanya keren, lucu, atau bahkan jumlah pembacanya banyak. Hal ini bisa terjadi, tapi tetap tidak bisa diandalkan.

Jadi, mari membaca yang banyak agar tulisan kita semakin baik. Akan tetapi, jangan hanya terlalu banyak membaca karena bisa berujung tidak satu pun artikel yang selesai ditulis.


Apakah teman-teman selalu membaca dulu sebelum menulis? He..he..saya sendiri jarang.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

1 comment:

  1. iya bener banget mas. Dengan memperbanyak aktivitas membaca, maka kita akan menyerap banyak kosa kata baru, ilmu dan wawasan, serta pengetahuan baru, sehingga bisa dijadikan ide untuk menulis. Karena memang menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ya mas :)

    ReplyDelete