Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Tuesday, February 18, 2014

Kenapa Blog Jutaan Pengunjung Tidak Dipasangi Iklan?

Meskipun jarang, setidaknya sebulan sekali hampir menyempatkan berkunjung ke blog Padepokan Budi Rahardjo rahard.wordpress.com. Saya perhatikan gaya penulisannya yang seringkali santai membuat stres saya berkurang setelah terus memikirkan monetisasi dan trafficisasi blog.


Setelah memiliki lebih dari 3 juta statistik, Pak Budi masih belum memasang iklan di blognya. Memang ada sih iklan di bawah artikel, tapi itu bukan iklan yang dipasang oleh Pak Budi, melainkan oleh tim Wordpress.

Memang sih, Wordpress gratis itu katanya tidak bisa dikomersilkan. Akan tetapi, kalau berminat, tinggal upgrade saja ke dot com alias menggunakan fasilitas Wordpress.org yang dilengkapi fasilitas Plugin sebagai solusi bagi blogger yang kurang paham tentang script bahasa pemrograman.

Apakah Pak Budi benar-benar sudah tidak membutuhkan lagi uang? Kan kalau uang sudah ada, tinggal sedekahkan saja?
Pertanyaan di atas pernah terbersit di benak saya. Tapi saat ini punya dugaan boleh jadi pertanyaan pertama di atas benar karena Pak Budi kan seorang dosen, entrepreneur lagi.

Namun di samping itu, ada juga kemungkinan bahwa Pak Budi menjadikan blognya sebagai monetisasi tidak langsung. Jadi, dengan terkenalnya beliau melalui blog tersebut, beliau mendapatkan kesempatan proyek lain. Blog hanya berperan sebagai pintu gerbang menuju bisnis lainnya.

Dengan kata lain, uangnya tidak diperoleh dari iklan blog, tapi proyek besar di luar blog tersebut, termasuk proyek-proyek Teknologi Informasi yang besar-besar.

Kenapa tidak sekalian dipasangi iklan?
Kalau Pak Budi memasang iklan di blognya berarti Pak Budi blogging-nya tampak komersil. Akan tetapi, kalau tanpa iklan, seolah-olah Pak Budi tidak terlalu komersil.

Langkah di atas dilakukan juga oleh Google. Di mesin pencarinya, Google tidak terlalu memajang iklan. Bahkan di awal-awal berdiri, hampir tidak terlihat iklan-iklannya. Padahal di balik itu, ada proyek besar dengan Adsense dan Adword-nya, iya kan?

Ini semua hanya dugaan kosongku saja karena belum melakukan penelitian lebih mendalam.


Kalau saya sendiri, baru ada 10 statistik juga, sudah langsung dipasang iklan. He…he…
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

1 comment:

  1. kita kembalikan lagi pada tujuan ngeblog pak mas guru. Masing-masing individu mempunyai tujuan yang tidak sama dalam hal ngeblog. Ada yang ingin mencari penghasilan, ada yang sekedar cari teman, ada yang hanya funs atau senang-senang, dan ada pula yang tujuannya hanya menggugurkan tugas sekolah. Kita sebagai blogger tentu bisa memahami dan menghargai satu sama lain. Meskipun tujuan kita tidak sama, yang penting tetap bisa bersilaturrohim antar sesama blogger dan bisa menjalin persahabatan dengan baik.

    kalau saya pribadi sih tujuan ngeblog dari awal memang pengen cari penghasilan wkwkwk :D

    tapi bentuk monetasi blog bisa bermacam-macam mas. Tidak hanya pasang iklan, tetapi juga ada yang menulis artikel review, url shortener, membuka jasa, jadi pembicara, dll.

    ReplyDelete