Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Wednesday, February 19, 2014

Keunggulan Finlandia Sebagai Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sudah agak lama saya mengetahui bahwa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia, bukan Amerika, Jepang, Jerman, Prancis, China, maupun Korea Selatan.


Finlandia memperoleh skor pertama dalam sains dan kedua dalam membaca dan berhitung berdasarkan standar ujian yang diselenggarakan oleh Program for International Student Assessment.

Finlandia tidak mengadakan ujian seperti di Amerika. Siswa Finlandia hanya melakukan satu ujian standar wajib pada usia 16 tahun.

Finlandia memiliki jumlah guru yang sama dengan New York City.

Finlandia membayar guru dengan gaji yang cukup. Gaji awal guru Finlandia lebih rendah dari Amerika Serikat, tapi guru SMA dengan 15 tahun pengalaman membuat 102% dari apa yang lulusan perguruan tinggi lain lakukan. AS sendiri hanya 62 %.

Finlandia menghabiskan 30% lebih sedikit per siswa untuk mencapai hasil pendidikan yang sangat hebat ini.

Dalam komentar artikel ini ada yang meminta untuk menghentikan membandingkan Finlandia dengan Amerika karena Finlandia memiliki 5 juta orang, sedangkan AS memiliki 317 juta orang.

Akan tetapi, komentar di atas disanggah oleh komentator lain karena sistem pendidikan Finlandia juga dinilai jauh lebih bagus dibandingkan dengan Scandinavia, bukan hanya dengan Amerika.

Lalu, Indonesia ada di mana ya….?

Sementara judul artikel ini pada sumbernya menyatakan bahwa “Finlandia memiliki sistem pendidikan yang AS harus cemburu – dan belajar darinya.”



Sumber:
theguardian.com/commentisfree/2013/feb/15/us-education-reform-lessons-from-finland

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment