Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Thursday, February 27, 2014

Makin Rajin Menulis di Blog Harga Artikel Semakin Mahal



Pagi-pagi, saya membaca pesan di e-mail. Ada sebuah pesan yang berisi sebuah lembaga membutuhkan artikel review tentang lembaganya. Harga per artikel Rp30.000.

Di waktu sebelumnya, ada yang memesan tulisan dalam bentuk draft (tulisan masih belum rapi) Rp 6.000 lebih per lembar.


Saya juga jadi teringat, ketika dulu memulai memperoleh bayaran dari menulis di blog orang lain, dari 200 artikel (sederhana), hanya memperoleh pendapatan Rp20.000.

Semua angka rupiah di atas dilatar-belakangi dari ngeblog. Suatu waktu saya diminta memberikan kuliah di sebuah perguruan tinggi materinya tentang blog. Itu lumayan satu sesi lebih dari angka di atas.

Jadi, walaupun blog saya belum menghasilkan uang banyak seperti milik blogger lain, saya masih terus mengupdatenya, karena diduga bahwa blog akan menjadi investasi jangka panjang yang akan berbuah berkah, termasuk rupiah.

Bahkan sekarang saya hadir dengan Kitaabah sebagai blog yang menerima artikel dari para penulis. Walaupun fokus Kitaabah saat ini adalah di artikel minimal 150 kata, tapi dengan hadirnya menu Forum dan Media Jejaring Sosial Kitaabah, saya sedang memimpikan agar keduanya juga bisa berbagi penghasilan dengan para anggotanya yang rajin update status (menulis seperti di Facebook atau Twitter).

Dengan kekuatan kerja tim, saya menduga bahwa Kitaabah bisa lebih cepat berkembang daripada blog ini.

Dengan hadirnya ribuan pageview per hari, baik di blog personalku ini, dan di Kitaabah, saya semakin optimis dunia blogging para penulis akan terjawab dengan senyum kebahagiaan. InsyaAllah.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

2 comments:

  1. Replies
    1. He..he... ah mau tahu aja. Saya kan blogger.

      Kadang-kadang suka jadi dosen tamu Mas sambil belajar.

      Delete