Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Wednesday, February 26, 2014

Membangun Manajemen Kelas Kontemporer Menurut Thomas Gordon



Thomas Gordon percaya bahwa agar efektif, guru membutuhkan skill yang meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan siswa, mengubah lingkungan kelas dan praktek-praktek pengajaran untuk memperbaiki perilaku siswa, lakukan apa yang ia sebut I-messages, dan dengarkan secara aktif.


Ia juga percaya bahwa guru harus melibatkan siswa dalam disiplin diri. Gordon juga percaya tentang ketida-efektifan reward and punishment untuk siswa.

Itulah sekilas para tokoh manajemen kelas beserta dasar pemikirannya. Bagi teman-teman yang belum membaca artikel sebelumnya, mungkin judul artikel berikut ini dapat dicari di kotak Search:
“Manajemen Kelas Kontemporer Menurut Fritz Redl dan William Wattenberg, Serta Glasser”


Dapat disimpulkan bahwa para guru menggunakan kondisi operant Skinner ketika mereka memberikan penghargaan (reward) terhadap perilaku positif dan gagal memberikan penghargaan terhadap perilaku negatif.

Para guru menggunakan teori Redl dan Wattenberg ketika mereka mempertimbangkan efek perilaku kelompok pada perilaku individu, dan sebaliknya.

Teori pilihan Glasser digunakan ketika para guru menyimpulkan bahwa para siswa memilih perilaku yang tepat atau tidak tepat.

Terakhir, pengaruh karya Gordon menjadi jelas ketika para guru mempertimbangkan kebutuhan siswa secara individual dan melibatkan siswa untuk mengambil kepemilikan masalah-masalah perilaku.

Walaupun tidak satu pun teori dasar memiliki semua jawaban, tapi masing-masing berkontribusi secara signifikan untuk manajemen kelas kontemporer dan untuk sekolah yang lebih aman.



Sumber:
M. Lee Manning dan Katherine T. Bucher. Classroom Management: Models, Applications, and Cases, 2rd edition. USA: Pearson Education International.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment