Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Thursday, February 27, 2014

Menjadi Blogger Sukses Belajar Dari Linda Ikeji



Di sini, saya kembali menyajikan tips blogging Linda Ikeji yang ditulis oleh seorang blogger dalam bahasa Inggris, dan saya sajikan dalam bahasa Indonesia sesuai kemampuan saya dalam memahaminya. Yang menarik buat saya dari blog Linda adalah diisukan ia tidak menerapkan teknik SEO.

Meskipun ada sedikit keinginan untuk belajar SEO, saya sendiri belum mencoba untuk memulainya karena masih harus belajar membuat artikel (membiasakan diri menulis artikel tiap hari).

Berikut ini 5 hal yang dapat dipelajari dari kesuksesan Linda Ikeji sebagai blogger:

1.      Update blog secara rutin
Ini satu karakter setiap blogger yang harus diaplikasikan jika benar-benar menginginkan sebuah blog yang sibuk mendatangkan traffic (pengunjung) lebih banyak dari yang diinginkan.

Saya melakukan langkah ini, alhamdulillah sekarang blog ini sudah merangkak ke 2.000 pageview per hari. Ini masih sedikit untuk blogger lain, tapi buat saya sendiri cukup membuat hatiku tersenyum.



2.      Banyak artikel per hari
Sang blogger (pemilik oscarmini.com) memahami bahwa semua blog niche tidak sama dan ia tidak mengharapkan anda melakukan update sebanyak 20 artikel per hari seperti yang dilakukan Linda Ikeji. Tapi jujur ia katakan, jika anda menjadi blog sebagai sebuah bisnis dan ingin mendapatkan kehidupan daripadanya, anda harus melakukan riset lebih banyak pada area yang anda inginkan dan post-lah artikel dalam jumlah banyak setiap hari.

Saya sendiri baru membuat target baru: minimal 5 artikel per hari. Saat ini, barus memasang batas maksimal 10 artikel per hari. Untuk mencapai 20 artikel, masih ada keraguan karena takut dianggap spam oleh Google atau pembaca, juga untuk menjaga kualitas artikel agar tidak semakin turun kualitasnya.


Manfaat update banyak artikel tiap hari:
·         Setelah Sang Blogger mencoba memposting 2 artikel per hari, ia memperoleh 68% peningkatan traffic.
·         Anda akan mendapatkan banyak keyword di search engine, dan akan kembali dengan traffic yang banyak.
·         Ingat, lebih banyak traffic berarti lebih besar pendapatan.
·         Meningkatkan kemungkinan pengiklan mendekati anda untuk memasang iklan.

Anda tidak memiliki alasan untuk ini, apapun niche anda. Top blogger menggunakan strategi ini untuk mengungguli kita. Jika anda ingin meningkatkan traffic, cobalah ini!


3.      Dia membuat breaking news
Ini menghidupkan banyak pembaca baru dan bahkan backlink dari blogger lain yang mengacu ke artikelnya. Linda Ikeji menggunakan strategi ini untuk membuat takjub para audience.

Saya sendiri masih agak kesulitan menyajikan berita up-to-date karena kekurangan sumber. Kalau ngambil dari website nasional, masih kesulitan agar terhindari dari plagiarisme.


4.      Dia menuliskan pendapatnya
Apapun yang orang katakan tidak harus selalu mempengaruhi pendapat anda sebagai blogger. Para pembaca anda akan mencintai anda lebih besar jika anda dapat memberi pemikiran anda sendiri, bahkan mengalami terlebih dahulu topik yang ingin anda sajikan di blog.

Misalnya, Linda seringkali menulis apa yang dirasakannya tentang sebuah isu, dan seringkali bertanya kepada para pembacanya tentang pendapat mereka.

Strategi ini dilakukan juga oleh blogger Indonesia yang terkenal, Pak Budi Rahardjo, dalam blognya rahard.wordpress.com. Dan sedikit-sedikit, saya juga mempraktekkannya.


5.      Dia dermawan
Giveaway (hadiah) dapat meningkatkan para pembaca dan fans baru untuk blog apapun. Bulan yang lalu, Linda memberikan sekitar $600 kepada 10 komentator yang aktif pada blognya.

Kalau blog saya sudah mendatangkan cukup pendapatan, insyaAllah ini ingin dijadikan langkah pertama yang akan dilakukan. He..he..

Bahkan saya sedang terus meningkatkan peran blog ini untuk Kitaabah.com agar kita bisa sukses bersama-sama, insyaAllah. Minimal tidak semua harus membuat desain blog, tapi tetap bisa ngeblog. :)




Sumber:
oscarmini.com/2014/01/5-things-i-learned-from-linda-ikeji-nigerian-blogging-queen.html
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

2 comments:

  1. Penghasilan blog ini berapa mas perbulan...
    ayo mas, kasih tahu dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. $165 per hari, Mas.

      Kalau blog saya, waaah belum serius dimonetisasi, sedang nunggu 1000 unique visitors dulu :)

      Delete