Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Thursday, February 20, 2014

Para Filusuf Terkenal dalam Kajian Filsafat: Empedocles, Leucippus, Democritus



Empedocles (500-430 S.M.)
Empedocles adalah semua hal untuk semua orang. Sebagian orang percaya bahwa dia seorang dukun hebat. Yang lainnya berpikir bahwa dia seorang tukang sulap. Dia yakin bahwa dia adalah tuhan yang hidup. Dan yang lainnya percaya bahwa dia adalah penipu yang total.


Tabel periodik tanah, udara, api, dan air berasal dari Empedocles. Dia percaya bahwa empat ‘akar’ ini telah menyusun semua zat. Bahkan makhluk hidup tersusun dari materi-materi ini.


Leucippus (400 S.M.)
Kita tidak mengenal banyak tentang Leucippus. Dia ternyata orang pertama yang menyarankan ide ruang hampa. Kita akan menyebut ini sebagai ‘vacuum’ (ruang hampa). Dia juga telah mengembangkan ide tentang atom-atom. Leucippus percaya bahwa atom-atom yang berbeda memiliki ukuran dan berat yang berbeda pula. Kita sekarang mengetahui ini benar adanya.


Democritus (460-370 S.M.)
Mungkin ia adalah peramal cuaca pertama. Democritus memiliki orang-orang yang meyakinkan bahwa dia mampu memprediksikan masa depan. Dia adalah murid Leucippus. Dia mengkaji banyak obyek natural dan memberi kuliah-kuliah publik.

Para filusuf memperdebatkan tentang banyak hal. Salah satu perdebatannya ada tentang pasir di pantai. Mereka bertanya: dapatkah anda membagi butiran pasir dengan tanpa batas? Apakah ada poin di mana anda harus menghentikan setengah butirannya?

Sebagian besar filusuf percaya bahwa anda dapat membagi butiran pasir semuanya sesuai yang anda inginkan dan tanpa henti. Democritus berkata ada poin di mana butiran pasir tidak dapat dipecah ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Dia menyebut bagian zat terkecil ini sebagai atom, artinya indivisible (tidak dapat dibagi).

Banyak filusuf berpikir tentang ide-ide moral bersamaan sainsnya. Democritus juga melakukan ini. Dia percaya bahwa kebahagiaan berasal dari watak tenang. Dari ide ini, dia muncul bersama dengan daftarnya tentang apa yang benar dan apa yang salah.


Sumber:
Introduction to Philosophy. Hlm. 1-30, file: kog-phil-chem-1a-sample.pdf

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment