Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Saturday, February 15, 2014

Pengantar Islam dan Tradisi Islam



Islam merupakan salah satu agama yang berkembang sangat pesat di dunia, tetap misterius, eksotik, dan agama yang aneh bagi mayoritas orang Kanada. Di media, perbedaan antara Islam radikal/politis dan Islam spiritual jarang dibahas.


Muslim seringkali diproyeksikan sebagai ancaman untuk masyarakat sipil dan disebut orang fanatik serta teroris – persepsi tentang kemulian frenzy dan hysteria yang baru setelah tragedy 11 September 2001 di New York. Secara natural, persepsi seperti itu offensif dan hurtful pada pengikut agama universal ini. Label terorisme sangat buruk ketika Muslim sadar akan gambaran Quran mereka sebagai komunitas yang seimbang dan moderat (Q. 2:143, 57).

Muslim percaya bahwa Islam memelihara cita-cita Ibrahim tentang kebebasan manusia untuk klimaksnya. Islam membebaskan semangat manusia untuk menghadapi semua rintangan dan kontrol dari kekuatan sosial dan politik.

Agar memberikan kebebasan maksimum, Allah tidak membuatkan keputusan untuk manusia. Dia (Allah) memberikan parameter besar untuk laki-laki dan perempuan serta memberi mereka petunjuk dan kebebasan penuh untuk membuat keputusan sendiri dan benar-benar bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakannya. Mereka dianugerahi kemampuan yang banyak dan didorong untuk mengembangkan potensi-potensinya secara maksimum melalui pilihan dan dengan mengembangkan karakter dan kebajikannya.


Evolusi Komunitas Muslim
Pembentukan Muslim sebagai sebuah kelompok dan kalender bulannya berawal pada tahun 622 M., ketika Nabi Muhammad Saw memimpin pengikutnya keluar dari Mekah untuk mendirikan bentuk kehidupan komunitas baru di kota Madinah.

Wahyu Quran telah menyatakan setting jalan baru untuk manusia – yang akan membantu mereka berhubungan dengan Penciptanya dan Hakim paling tinggi (Allah). Allah hanya satu-satunya yang berkuasa memberikan pahala atau hukuman atas perbuatannya (Q. 90: 4-20, 17: 37-40; 53: 39-42, 1449; 76: 3-6, 1655-56).

Bagi setiap orang yang ingin mencapai personalitas terintegrasi, mengingat Allah itu penting. Langkah ini memberikan makna dan tujuan hidup (Q. 59:18-20,1526-27). Komunitas baru ini terbuka untuk semua yang ingin menerima Tuhan sebagai Penciptanya, dan mengakui Muhammad sebagai Nabi terakhir.

Komunitas baru ini mengembangkan karakteristik baru seperti framework non-hirarkis yang mensucikan dan hak individu itu kedudukannya sama di depan hukum, kebebasan beragama, dan hak miliknya.

Keanggotaan pada komunitas baru itu untuk laki-laki dan perempuan berdasarkan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menerima Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir untuk umat manusia, dan bertanggung-jawab atas perbuatannya di hadapan Tuhan Yang Maha Esa (Q. 9: 71, 461).


Sumber:
Sajida S. Alvi. Introduction to Islam and Islamic Tradition. Montreal Religious Site Project.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment