Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Friday, March 28, 2014

Membuat Niche Blog Berdasarkan Iklan Adsense

Dalam istilah tips sukses bisnis Adsense dikenal banyak istilah. Untuk kategori blog saja sudah bermacam-macam, seperti niche, mini niche, super niche, dan lain-lain. Masing-masing memiliki pengertian yang sama, tapi memiliki contoh yang berbeda.


Kenapa berbeda?
Karena secara sederhana niche itu blog dengan topik pembahasan spesifik/khusus. Ini sesuai dengan pengertian kamusnya niche itu adalah ceruk. Untuk menentukan suatu pembahasan itu spesifik atau tidak, sampai saat ini saya belum menemukan tool yang memberikan kategori secara mutlak (pukul rata) yang mampu menyatakan topik ini umum, topik ini khusus, topik ini super khusus. Belum saya temukan tool tersebut! Kalau ada, boleh dishare ya….!

Nah, tadi malam saya mencoba mempraktekkan sebagian dari konsep niche tersebut. Kata teman-teman blogger, menentukan niche itu sebaiknya harus melakukan penelitian/riset keyword. Bahkan ada juga yang membelinya. Dalam hal ini saya masih enggan melakukan riset, apalagi harus membeli, karena saya ingin konten blog itu sesuai dengan minat dan profesi saya. Walaupun saya sadari ide seperti ini mungkin kurang komersil.

Sebagai percobaan, saya punya ide bagaimana kalau membuat topik blog itu berdasarkan topik iklan yang sering muncul di iklan GA alias Adsense? Agar sesuai profesi saya di bidang komputer, saya cari iklan tentang komputer. Caranya ya perhatikan saja beberapa kali, bahkan tanpa sengaja juga, kita suka ingat sebagian iklan apa saja yang suka ditayangkan Adsense.

Saya mencoba membuat blog tentang printer dan di dalamnya diposting sekitar 3 artikel tentang printer tidak lebih dari 2 merk. Hasilnya, iklan adsense menayangkan hampir seratus persen tentang printer. Meskipun ketika saat-saat tertentu, ada iklan yang lainnya juga. Akan tetapi, yang sering muncul adalah iklan printer, sobat-sobat (kelihatan blogger pemula lagi senang nih). Sekali lagi, semua iklan sangat berkaitan dengan printer dan tintanya, hebat banget bukan? Maksudnya, hebat gaya beriklan Adsensenya…! Bukan saya yang hebat lho….! He…he…

Contoh salah satu blog yang dibuat berdasarkan cara di atas adalah PrinterTerbaik titik Blogspot.

Notes:
Tulisan ini dibuat pada saat saya awal-awal bergabung dengan Adsense sekitar tahun 2012. Ternyata tahun ini saya pernah membaca tulisan seorang blogger senior yang sukses bahwa ia ingin membuat blog niche tentang properti dan mobil. Kenapa? Alasannya karena ia sering melihat iklan kedua jenis tersebut muncul di blog-blog Indonesia.


Tapi saya sendiri belum mencoba lagi blog niche ah. Satu blog juga sudah ngos-ngosan…!
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

4 comments:

  1. kalau ngga salah blog mas ni kan ngga cuma ada 1.
    kalau ngga salah ada 1001 papan ketik ya mas
    he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100papanketik.blogspot.com ya mas.... Bisa aja nih Mas Afrid

      Delete
  2. sebenarnya pengen banget nih bikin blog niche tapi belum ada waktu mas, waktu saya sudah habis untuk mengelola 2 blog hmmmmm :)
    soalnya adsense kalau ditekuni hasilnya luar biasa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasaaaa, memaksimalkan yang ada ya Mbak.
      Saya sendiri belum tertarik lagi ke Adsense karena itu dia, pendapatan bisa hangus+account dinonaktifkan. Jadi ngeri...

      Delete