Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Monday, April 14, 2014

Cerita Rakyat Sunda Si Kabayan dan Nyi Iteung Cantik Yang Unik dan Menarik

Foto [1]

Ketika membaca beberapa cerita tentang humor Sunda, saya disuguhkan cerita khas orang Sunda: Si Kabayan. Waktu kecil, saya beberapa kali menontonnya dalam bentuk layar tanceub (layar lebar) di lapangan terbuka.

Si Kabayan memerankan seorang laki-laki yang lugu dan kampungan, namun memiliki budi pekerti yang baik dan cerdik. Bajunya yang tradisional dan khas Sunda, ucapan serta gerak-geriknya yang lucu seringkali membuat para penonton ketawa ngakak.


Ditambah, sang pacar yang cantik dan setia. Namanya Nyi Iteung, seorang gadis desa yang kampungan, berbaju tradisional Sunda, lembut dan cantik membuat penonton tampak terpesona kepadanya.

Bahkan saya juga jatuh hati tuh ke Nyi Iteung. Kalau dibilang jatuh cinta mungkin kurang pantas karena dulu masih sekolah dasar. He..he.. Kabayan diperankan oleh Didi Petet, sementara Nyi Iteung yang terkenal perannya paling cocok adalah Paramitha Rusady.

Ini foto Kang Kabayan (yang paling kanan):
Foto [2]

Sementara foto Nyi Iteung ada di awal artikel ini. Tapi itu enggak tahu Mbak Mitha atau bukan, saya kesulitan mencari gambar di Google tentang Nyi Iteung yang diperankan oleh Paramitha Rusady. Kalau foto Mbak Mithanya ini kan:
Foto [3]


Setelah membaca cerita Si Kabayan, sampai saat ini masih membuat saya senyum-senyum sendiri, tapi tak perlu ke RSJ, jadi ingin menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Tantangannya, apakah masih lucu atau tidak? Nanti saya coba dulu ya…



Sumber:
[1] popscreen.com
[2] youtube.com

[3] randipopo.wordpress.com
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

6 comments:

  1. si kabayan ini adalah tokoh masyarakat betawi ya mas, luar biasa ya sosoknya hingga dijadikan sebuah filem ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, tokoh betawai ya Mbak. Maaf dikirain dari Sunda. he..he... Atau mungkin Betawi dan Sunda saudara kembar kali...???

      Delete
  2. Si Kabayan sosok sederhana yang patut dicontoh. Hendaknya hidup ini harus sesederhana si Kabayan meski kita berlimpah harta. :)

    ReplyDelete
  3. teh para mita sama kang didi petet

    ReplyDelete