UPDATE 2024
(Romi Satria Wahono, 2019)
1. Pengantar
2. Pemodelan Sistem
Use Case dan Activity Diagram (AD)
https://skripsisi.katabah.com/2022/05/contoh-use-case-sederhana.html
https://skripsisi.katabah.com/2022/05/contoh-activity-diagram-sederhana.html
https://skripsisi.katabah.com/2023/04/cara-membuat-use-case-video.html
https://skripsisi.katabah.com/2023/04/cara-membuat-activity-diagram-video.html
3. Latihan AD Sistem Berjalan
4. Review Tahap Analisis: Siklus Pengembangan Software
Romi Satria Wahono, 2020, halaman 8, 11, 21-30
Studi Kasus
a. Membuat pertanyaan untuk wawancara
b. Mengetik jawaban wawancara dari teman
5. Membuat Activity Diagram Sistem Berjalan dan Usulan
berdasarkan hasil wawancara
6. Sequence Diagram
Contoh Sequence Diagram Tambah
Contoh Sequence Diagram Edit
Contoh Sequence Diagram Hapus
Contoh Sequence Diagram Tampil
https://skripsisi.katabah.com/2022/05/contoh-sequence-diagram-sederhana.html
https://skripsisi.katabah.com/2023/04/cara-membuat-sequence-diagram-video.html
7. Sequence Diagram dan Persiapan UTS
Judul: Analisis Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Penulis
Email
Kampus
https://journal.stmikjabar.ac.id/index.php/i/article/view/47/35
Pendahuluan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Informasi penerimaan mahasiswa baru (sesuai judul masing-masing). [Enter]
Landasan Teori
a. Definisi Sistem Informasi
b. Tahapan Waterfall
c. Use Case
d. Activity Diagram
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengembangan sistem perangkat lunak Waterfall.
Pembahasan
a. Hasil wawancara
b. Membuat Activity Diagram Sistem Berjalan
c. Membuat Use Case
d. Membuat Activity Diagram Sistem Usulan (satu fitur, selain login dan logout)
Simpulan
Jelaskan dengan sangat singkat perbedaan sistem berjalan dan sistem usulan. Satu baris atau dua baris saja.
Daftar Pustaka
Yang digunakan di Landasan Teori minimal dua referensi.
8. PraUTS
Notes:
Sebelum UTS, mahasiswa akan belajar menerapkan pendekatan terstruktur.
Setelah UTS, tahapan desain dan belajar menerapkan pendekatan agile.
9. Presentasi AD Berjalan, AD Usulan, Use Case
10. Melanjutkan presentasi hasil UTS
*Tugas: Mencari skripsi yang menggunakan metode Scrum
11. Presentasi Figma
a. Arahan membuat UML Diagram untuk form tambah.
b. Membandingkan Scrum dan Waterfall dalam skripsi
https://repository.unja.ac.id/47187/1/SKRIPSI_F1E119035_M%20Febrin%20Dafian_FINAL.pdf
http://repository.umsu.ac.id/jspui/bitstream/123456789/24328/1/BERLIANDA%20OJP%20-%20SKRIPSI.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/38496/1/18650032.pdf
12. Proyek Analisis s.d. Desain
a. Judul
b. Use Case Diagram: Draw.io, dll.
c. AD
d. SD
e. UI Design: Figma
Membandingkan tahapan Scrum vs Waterfall berdasarkan skripsi pilihan masing-masing.
Penjelasan singkat tentang Scrum dan Waterfall
13. Mengumpulkan Proyek 12 (PDF dan Link Figma)
Yang dinilai saat pertemuan 13: kelengkapan
Yang dinilai untuk nanti akhir: kelengkapan dan kesesuaian SD dan UI.
Jangan lupa pahami perbedaan Scrum vs Waterfall seperti ringkasan pada pertemuan 12.
Youtube UML: Romi (Pendiri Ilmukomputer.org)
Youtube UML: Naistudio
====
UPDATE 2023
1. Sistem, Peran, dan Metodologi Pengembangan
· Jenis Sistem
• Mengintegrasikan Teknologi untuk Sistem
• Kebutuhan Analisis dan Desain Sistem
• Peran Analis Sistem
• Siklus Hidup Pengembangan Sistem
• Menggunakan Case Tools
• Pendekatan Agile
• Analisis dan Desain Sistem Berorientasi Objek
• Memilih Metode Pengembangan Sistem yang Akan Digunakan
*Yang cetak miring: materi prioritas
2. Pemodelan Sistem Organisasi
· Organisasi sebagai Sistem
• Organisasi Virtual dan Tim Virtual / Mengambil Perspektif Sistem / Sistem Perusahaan:
· Melihat Organisasi sebagai Sistem
· Menggambarkan Sistem Secara Grafis
• Use Case Modeling
• Tingkat Manajemen
• Budaya organisasi
3. Pengantar Manajemen Proyek
· Konteks inisiasi proyek
• Menentukan Kelayakan
• Memastikan Kebutuhan Hardware dan Software
• Mengidentifikasi, Meramalkan, dan Membandingkan Biaya dan Manfaat
• Perencanaan dan Pengendalian Aktivitas
• Mengelola Proyek
· Mengelola Aktivitas Analisis dan Desain
• Proposal Sistem
4. Teknik pengumpulan informasi: metode interaktif
· Wawancara
• Desain Aplikasi Bersama
• Menggunakan Kuesioner
Cara Menghitung jawaban responden
5. Teknik pengumpulan informasi: metode unobtrusive
• Sampling
• Investigasi
• Mengamati Perilaku Pengambil Keputusan
• Mengamati Lingkungan Fisik
Yang dikerjakan di kelas:
a. membuat soal wawancara
b. membuat GForm untuk kuesioner menilai desain UI web presensi
6. Pemodelan
Flowmap
*Mempelajari skripsi/TA orang lain
7. DFD
*Mempelajari skripsi/TA orang lain
8. Use Case dan Activity
Latihan menuangkan ide pada use case dan activity
*Referensi Pendukung
1. Panduan TA
2. Contoh UML Diagram di skripsi/TA pilihan masing-masing
3. Contoh Flowmap di skripsi/TA pilihan masing-masing
4. Contoh DFD di skripsi/TA pilihan masing-masing
9. Tes
10. Desain
Tutorial Membuat desain dengan figma.com
Upload Exercise 11: Figma and Sequence Diagram (Draw.io)
12
https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/
https://www.detik.com/bali/berita/d-6502555/use-case-diagram-simbol-komponen-cara-membuat-dan-contoh
https://wawasan-ilmiah.blogspot.com/2014/12/perbedaan-include-dan-extend-di-use-case.html
Pendekatan Agile: Scrum dan Tahapannya
https://www.deltadatamandiri.com/post/mengenal-metode-agile-pengertian-tahapan-contohnya
https://dibimbing.id/en/blog/detail/3-contoh-metode-agile-dalam-pengembangan-proyek
(Linkedin)
Youtube UML: Romi (Pendiri Ilmukomputer.org)
Youtube UML: Naistudio
Mahasiswa mendemokan cara menggunakan Figma, terutama fitur interaktif seperti hyperlink di PowerPoint
Persiapan UAS
Soal Teori: Akan di-share nanti
Soal Studi Kasus:
Minimal membuat use case, sequence, dan class diagram.
Tapi akan lebih bagus kalau dikerjakan mulai poin 1 sampai 7 pada SDA 12.
"Boleh Konsultasi Masuk Jurusan Sistem Informasi via IG atau Tiktok."
|
Tips Skripsi Program Studi Sistem Informasi |
|
No comments:
Post a Comment