Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Tuesday, October 15, 2024

Lulusan Prodi Sistem Informasi Kerja Apa? Gak Ada Peluang Nganggur

Dulu saat masuk jurusan atau Program Studi (Prodi) belum terlalu tergambar bagaimana peluang kerja lulusan Sistem Informasi.

Bagi saya, yang penting prodi Komputer insyaallah peluang kerja bagus sekali. Itu yang jadi pertimbangan kuat memilih prodi Sistem Informasi (SI).

Sekarang, saya coba menyederhanakan peluang kerja tersebut dengan membagi ke dalam beberapa kategori, yaitu

1. Staf IT terampil

Dengan modal bisa ngetik menggunakan Microsoft Word, Power Point, dan sedikit Excel peluang kerja kita sudah di atas "rata-rata". Apalagi bisa ngetik sepuluh jari.

2. Programmer 

Mahasiswa SI banyak juga yang suka pemrograman untuk membuat web, aplikasi mobile, media pembelajaran, dll.

3. Analis Sistem Informasi 

Target lulusan S1 Sistem Informasi sebenarnya bukan hanya jadi programmer tapi jadi analis Sistem Informasi. Hasil karya analis itulah yang dieksekusi oleh programmer. Lebih rinci kerjaan analis SI nanti saya bahas lagi.hehe

4. Manager IT

Mahasiswa SI yang memiliki kepemimpinan bagus bisa menjadi manager IT yang memiliki kontribusi besar untuk lembaga/perusahaan. Tanpa manager IT yang baik mungkin banyak karyawan yang "bermalas-malasan" menggunakan IT untuk kemajuan perusahaannya.

5. UI Designer 

Dunia kini semakin mengarah pada spesialisasi. Orang hanya bisa membuat gambar web sudah bisa kerja dan mendapatkan penghasilan, baik kerja tetap maupun freelance. Itulah pekerjaan User Interface (UI) designer. Yang tertarik bisa coba web figma.com.

6. Auditor (Pelaku Testing)

Pekerjaan ini masih jarang dilakukan oleh mahasiswa sebagian kampus. Saya menduga bukan karena tidak menarik tapi mereka belum tahu bahwa banyak objek penelitian yang dapat diuji dari rumah karena online. Ini sudah bisa satu skripsi. Yang tertarik bisa baca skripsi Usability Testing.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment