Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Skripsi SI
Pesantren Katabah
Mari Dukung 1000 Penghafal Quran
Pengobatan Ruqyah 37.000 lebih pembaca
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Kontak | Siap Kerja | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab Daftar Isi

Wednesday, October 16, 2024

Prospek dan Tantangan Kaprodi

Ketua Program Studi atau biasa disingkat Kaprodi merupakan salah satu jabatan struktural di perguruan tinggi. Kaprodi biasanya merangkap sebagai dosen juga. Kalau di sekolah, Kaprodi mirip wali kelas.

Tantangan Kaprodi 

Sedikit pengalaman dan info dari teman dosen kampus negeri menyatakan bahwa jabatan struktural sepeti kaprodi bisa disibukkan dengan rutinitas sehingga mereka tidak terlalu mulus dalam karir dosennya karena tidak sempat berkarya dan penelitian.

Kabar di atas ada benarnya. Apalagi kalau rekan kerja belum sinergi baik memajukan kampus, Kaprodi bisa disibukkan dengan hal-hal teknis, bahkan membantu pekerjaan di luar tugas prodi.

Prospek Kaprodi 

Di samping kesibukan yang bertumpuk, peluang membantu pelayanan kepada mahasiswa dan memajukan kampus sangat besar.

Dari mulai penentuan dosen pengampu mata kuliah sampai monitoring pembelajaran bisa dikerjakan Kaprodi. Bahkan bila kemahasiswaan belum berjalan dengan baik, Kaprodi bisa ikut mengurusi kegiatan kemahasiswaan karena ia lebih mudah berkomunikasi dengan mahasiswa.

Selama kita mampu, peluang berbuat baik sangat terbuka. Pendapat kita juga sering didengar dosen lain karena banyak konsep dari dosen lain, Kaprodi juga seringkali yang eksekusi. Asal mampu saja.hehe

Untuk perguruan tinggi yang relatif kecil, kadang Kaprodi merangkap jadi dosen wali. Dengan tugas ini menambah kedekatan mahasiswa dan Kaprodi sehingga memungkinkan mencarikan solusi terbaik untuk mahasiswa. Tentu saja, kebutuhan waktu juga bertambah.

Di samping itu, bila Bagian akademik belum terlalu mumpuni, Kaprodi bisa menjadi mitra kerja dengan Bagian PDDIKTI. Komunikasi kedua Bagian tersebut bisa sangat intensif untuk memastikan pelaporan PDDIKTI berjalan dengan baik. Hanya salah tanggal lahir saja, perubahan datanya bisa sampai harus datang langsung ke LLDIKTI untuk dibantu eksekusi walaupun sistem sudah berbasis IT (online). 

Bagi saya, posisi Kaprodi itu sangat strategis dan menarik apalagi bagian-bagian lain berjalan optimal sesuai track-nya. Banyak ide bisa dieksekusi untuk kemajuan kampus tercinta. Harus sesuai track atau job desc, inovasi prodi bisa mantap.😁

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment